Senin, 04 Agustus 2008

Karena Saya… Maka Gua…

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamualaikum...
Siang ini saya membuka dan membaca lagi beberapa postingan blog saya. Setelah dipikir-pikir dan dipertimbangkan dengan gak terlalu matang, saya merasa ada beberapa postingan (gak tau neh bahasa yang bakunya apa) yang rasa-rasanya kurang pas kalo saya menggunakan kata “saya” dalam postingan tersebut, terutama postingan yang masuk dalam kategori gak penting atau gak serius (hueekkkzzz.. emang ada yang penting dan serius??)

Maka dengan berlandaskan beberapa kepentingan dan pertimbangan “gak mau dibilang aneh” sama saudara-saudara sekalian, untuk beberapa postingan ke depan yang berbau kurang penting dan kurang serius (dibilang gak ada yang penting juga!!) saya mengubah kata “saya menjadi gua”.

Oke resmi deh..

Oiya, ngomong-ngomong tentang kata “gua”, kalo gua perhatiin di sini jarang banget orang Jogja (terutama temen-temen gua) yang berkomunikasi menggunakan kata “Gua dan Lo”. Sebenernya bukan orang Jogja aja sih yang kayak gitu, hampir semua mahasiswa dan orang – orang di sini yang notabenenya dari luar Jakarta jarang menggunakan kata gua lo. Lagi-lagi punya efek yang signifikan buat gua. Sekarang gua jadi sering banget “ber-aku-kamu”. Bahkan sama temen-temen yang dari Jakarta juga jadi ikut-ikutan ngomong aku kamu.

Seneng juga sih bisa ber-aku-kamu sama banyak orang, rasanya kaya kita masih kecil dulu kalo lagi rebutan mainan, “Ini punya aku, kamu!!” atau ‘Kamu nakal,deh!!”. Oiya, ngomong-ngomong masa kecil, akhir-akhir ini gua lagi seneng sama lagu Masa Kecilku-nya Elfa Singer yang beberapa minggu lalu dibawain sama Gisel di Spektakuler ke berapa gitu.

Balik lagi ke ber-aku-kamu. Selain sering banget ngomong aku kamu, ternyata temen-temen gua yang notabenenya bukan dari Jakarta itu masih banyak yang gak tau arti kata “Gope, Seceng, Goceng, Ceban, dll”. Sepertinya pepatah "dunia gak seluas daun kelor" gak perlu direvisi, neh. Ahahahaha…^,^

12 komentar:

Unknown mengatakan...

hahha....ttg "gua loe"
aq yg org jogja asli jujur suka dongkol klo ada yg ngomong bhasa itu

soalnya menurut pandangan qt
bahasa kya gitu terlihat agak kasar

truz pas aku pikir2 bahasa itu kan muncul dari betawi
jadi pantes agak gimana....gitu

Anonim mengatakan...

itulah hebatnya bahasa nyonk. dia bisa cepat memengaruhi kita.

mgkn emg terdengar kasar bagi org2 yg blm terbiasa, tp buat gw, sbg remaja ceria yg sudah terbiasa menggunakan kata "gw-lo" ya...malah ngerasa canggung kl ngmg "aku-kamu" ke tmn2 sepantaran.

hahahaha ini cuma masalah lingkungan dan kebiasaan aja sih ya. yg penting bisa nempatin diri dg baik aja lah.

Ecky A. mengatakan...

kalo lagu radja mah jadi, "gua ada karena lu ada",
kurang indah keknya,
hha,*komen gw gk penting y?* :P

vian mengatakan...

hahaha..genit banget bahasanya.
sungguh gw tertawa mendengarnya nyonk...

"kamu nakal deh..."
GYAAHAHAHAHAA....

Anonim mengatakan...

bancinya keluar tuh si inyonk. hahahaha

Ary Sandhiko mengatakan...

@ Fellani
hehehe,, kalo orang jakarta sih nganggap kata2 itu lumrah,, justru yang agak ganjil kalo orang ngomong saya atw aku,,
sebenernya sih menurutku ya, masalah bahasa itukan alat agar informasi yg mau kita berikan tersampaikan dengan baik, jadi kalo emang kata2 itu dirasa pas buat menyampaikan informasi, ya sah2 aja dipake,, lebih dari sekedar menyampaikan informasi,, kit juga harus memilih bahasa yang pas dengan konteks pembicaraan dan lawan bicara kita,, coba deh ngomong ma preman pasar, masa kita pake aku kamu?? hehehe..

Ary Sandhiko mengatakan...

@ Dhay..
yups.. anda bentul sekali sodara dhayong.. yang penting gimana info itu bisa sampai dengan baik,, dan bisa nyesuain sama konteksnya aja.

@ Ecky
hahaha,, jadi kalo kata kerispatih gini ya, "bila rasa gua ini rasa lo",, hehe

@ Vian.
genit yak mangnya?? hahaha,, tapi gua yakin lo juga sering ngomong gitu dulu,, hehe

@Dhay lagi..
kayanya eike ga bakat ngikut bangsa2 ente jadi banci deh,, haha

Anonim mengatakan...

kalo menurut gw ini masalah kebiasaan aja.. ary ntar lama-lama juga biasa kok ngomong kulo kowe, eh, aku kamu maksudnya.. gw yang ndepok pisan ini juga waktu di bandung n bogor 'terpaksa' ngomong aku kamu karena kalo ga dianggap sombong.. mentang-mentang depok, haiyah..

Ary Sandhiko mengatakan...

@ ka'azka..
hihi,, bisa ngomong gua lo juga,, ^,^
tapi ada untungnya juga orang2 di jogja ngomong aku kamu,, contohnya kalo orang jogja marah, lalu dia ngomong aku kamu dikolaborasikan dengan "medog"-nya,, maka jadi ga serem,, hehehe..

beda sama orang batak atau orang makasar,, ngomong baik2 aja kadang2 serem,, hehe.

peace ah sodara sebangsa n setanahh air!! no offense!!

Fu! mengatakan...

sebenernya ya ri, aku mau2 aja ber-lo lo gua gua.
tapi apa daya, suaraku itu kan medhok banget... huhu adanya juga ntar jadi GHUWA. haha ga pantes.

Anonim mengatakan...

@ fufu
pengalaman adalah guru yg paling berharga..
jadi,, selamat mencoba!! ^*

Journal Kinchan mengatakan...

wkwkwk...
iya, aku dah pernah mencoba menghilangkan medokku agar tak kalah dengan para jakarta,
tapi apalah daya.
lidah sudah begini bentuknya.
akirnya saya suka balas dendam: ngomong jawa krama ples medhok ke sesama jogja di tengah2 para jakarta,, hehehe...
tak ada unsur RAS. hanya unsur tak ingin kalah.^^