Jumat, 08 Agustus 2008

Badminton I’m in Love

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamualaikum...

Awalnya cuma gak sengaja diajak Mas Yano (manager gua di Departemen Intelektual Himpunan Mahasiswa Akuntansi), tapi sekarang bahkan dalam satu minggu bisa 4 – 5 kali. Itu dia bulu tangkis. Dengan perpaduan antara kesukaan dan sedikit bakat, sekarang gua bisa dikatakan luar biasa jatuh hati dengan cabang olahraga sepak-menyepak bulu angsa ini.

Beneran, bagaimana bulu tangkis bisa menjadi hobi baru gua saat ini bisa dikatakan benar-benar gak sengaja. Jadi waktu itu Mas Yano mau main bulu tangkis, karena pemainnya kurang satu, entah apa yang dipikirkan beliau, tiba-tiba langsung mengajak gua. Semenjak itu gua jadi sering banget main bulu tangkis, awalnya cuma jadi follower – cuma nunggu kalo ada yang ngajak main - , tapi sekarang gua malah selalu didaulat sebagai penanggung jawab kalo mau main bulu tangkis.

Tadi gua sempet nyinggung-nyinggung masalah bakat. Hal tersebut sepertinya benar adanya kawan-kawan. Waktu SMP entah bagaimana hal tersebut bisa terjadi, gua pernah menjadi juara I turnamen bulu tangkis tingkat RW dalam rangka 17-an. Masih terngiang-ngiang dengan amat manis moment bersejarah itu. Kalo inget masa itu, rasanya gua sekarang harusnya udah di Pelatnas Cipayung bareng Taufik Hidayat dkk, tapi takdir berkata lain, sekarang gua malah kuliah jurusan Akuntansi, hehe. Tapi Akuntansi jauh lebih menyenangkan dibanding bulu tangkis, kok.

Di Jogja sendiri sangat banyak tempat main bulu tangkis. Kalo gua paling sering main di GOR Lembah UGM (Rp 10.000/jam) dan di Depok Sport Center (Rp 50.000/2 jam). Beberapa orang yang pernah bareng-bareng gua main bulu tangkis; Dani, Azmi, Mas Yano, Mas Riri, Mas Gea, BQ, Igoy, Teguh, Yuscha, Kirun, Abang, Wahyu, Aldi, Zaldi, sama Mas Ardi. Hampir semua diantara mereka jatuh hati at the first sight juga sama bulu tangkis. Mirip-mirip gua gitu. Tapi yang penting thank you guys for being my soulmate at badminton field!! Hidup Mahasiswa!!

Menurut gua, bulu tangkis itu olahraga yang unik. Pas banget buat yang mau diet. Kalo main bulu tangkis, gua merasa jarang banget capek meski udah satu atau dua jam. Tiba-tiba badan udah mandi keringat dan rasanya beribu-ribu kalori baru saja lenyap dari tubuh gua. Beda sama jogging. Sepuluh menit gua tepar (emang gak ada bakat jogging). Selain itu menurut gua mengapa bulu tangkis sangat maju di Indonesia karena banyak banget komplek perumahan atau perkampungan yang punya lapangan bulu tangkis. Jadi bulu tangkis terlihat sangat populer. Apalagi bulu tangkis punya sejarah yang sangat keren dalam mengharumkan nama Indonesia. Beda sama sepakbola. Banyak orang yang fanatik, cuman, ketersediaan lahan untuk lapangan sepakbola semakin minim. Sekarang trend anak muda lebih suka main futsal. Dan futsal pada dasarnya beda sama sepakbola.

Gua juga mau memberi saran untuk pemerintah khususnya Menpora; Kalo pemerintah mau serius menangani masalah kenakalan remaja, sex bebas, narkoba,dll, sebenernya ada cara yang cukup bagus menurut gua. Caranya dengan gencar membangun fasilitas olahraga yang cukup representatif seperti lapangan futsal, bulu tangkis, basket, sports center, dll. Kenapa? Karena menurut gua intensitas berolahraga sangat berbanding terbalik dengan kenakalan remaja. Jadi semakin giat seseorang berolahraga, semakin kecil kemungkinan dia melakukan kegiatan-kegiatan yang negatif. Pasti deh! Gua dan temen-temen ngerasain hal ini,kok!

Balik lagi ke bulu tangkis ya. FYI aja, sebagai tindak lanjut kecintaan gua sama bulu tangkis, sekarang gua udah join sekolah bulu tangkis di Jogja, namanya Depok Sport Center Badminton Club. Latihannya seminggu dua kali. Pelatihnya namanya Pak Susanto. Nah, kalo Pak Susanto biasanya didampingi anaknya Gilang sebagai asisten. Ngomong-ngomong tentang si Gilang ini, hebay euy!! Dia baru kelas tiga SD, tapi udah jadi atlet Popda (Pekan Olahraga pelajar daerah) Jogja. Padahal badannya kecil dan pendek, tapi mainnya cadas luar biasa. Gua yakin ini bocah bisa dapet medali emas olimpiade entah kapan.

Oiya, terakhir, mari kita doakan para atlet bulu tangkis kita yang akan berlaga di Olimpiade Beijing. Semoga tradisi emas masih bisa dipertahankan,deh. Buat kita semua, jangan lupa berlolahraga ya, bung!! Mumpung masih muda, kalo udah sepuh repot. Hidup Mahasiswa!!

4 komentar:

Anonim mengatakan...

hahay,,,jadi atlit bulutangkis,,pak????
-dey-

Anonim mengatakan...

wah sayang sekali bakat gw di dunia perbulutangkisan kurang bagus, nyong. hahahaha..

udah turun berapa kilo? :]

Ecky A. mengatakan...

gw pgn maen batminton bareng lw nih jadinya,hhe

futsal tetaplah no.1 kawan..
*jangan lupakan berenang-renang ria*:D

Ary Sandhiko mengatakan...

@DEa
waaahhh,,, kalo jadi atlet mah saia udah terlalu sepuh,,, biar yg muda2 aja lah yg maen,, *-*

@Dhay
pan bakatlo bukannya jadi ban*i ya dhay??? gak usah alih profesi lah,, kesian ntar si sari dkk,, mreka gak punya bibit unggul jadinya..

@ Ecky
jika keinginan itu memang tak bisa dibendung, mohon diselenggarakan,boz!1

putsal sekarang dah nomor 2..
nomor 1 = bdminton
nomor 2 = Futsal
nomor 3 = Pingpong...