Minggu, 23 November 2008

3rd

بسم الله الرحمن الرحي

Lagi seneng nih.. hehe. Kayanya akhir-akhir ini isi blog gua mulai banyak banget yang gak penting (hyaa? dari dulu mbah!!). Sabodo teuing lah kaloo kata orang sunda mah. Ini teh blog abdi, ya gak urang? Wakakkakakk, ngasal bener, ketauan belajar bahasa sunda 9 taun ga da yg nyangkut ^-^

Yongkruuw.. emang gua lagi rada seneng hari ini. Mau percaya atau gak (kalo gua sih termasuk golongan yang gak percaya), kemaren Sabtu gua abis menang juara 3 lomba Akuntansi se-Jogja n Jateng di Universitas Atmajaya, Jogja. Gua satu tim sama Mas Yano (bos gua di dept. IA) n Lisa. Hmm, hal yang bikin gua gak percaya n cengangas-cengenges sendirian adalah sebagai berikut sodara-sodara:

1. Gua baru dikasih tau suruh ikut lombanya hari Selasa kemaren. Itu pun dengan sedikit paksaan karena Mba Anas yang harusnya ikut dengan kejam tiba-tiba mengundurkan diri. Dan Mas Yano, dengan tanpa merasa bersalah, minta gua gantiin Mba Anas.

2. Materinya itu loh,, ampuuun deh bos, dari mulai AP 1 n 2, Akbi, Akmen, AKM 1 n 2, AKL 1 n 2, Audit, SIM, SIA, Perpajakan, Teori Akuntansi, de’el’el-de’el’el apalah yang lainnya sampe lupa gua namanya. Kalo diitung-itung, materi segitu banyak baru cocok ma anak-anak semester 6. Lalu, bocah semester 3 seperti gua ini, seperempat dari itu semua juga belom nyampe.

3. Pesertanya banyak yang 2005
, dan roman-romannya udah sering berkeliaran dalam kancah lomba Akuntansi. Sedangkan kami ini cuma angkatan 2006,666 (kalo dirata-ratain, Mas Yano 06, gua n Lisa 07)

4. Gua baru mulai belajar Jumat jam 7 malem sampe jam 10
. Niatnya mau lanjut jam 2 malem, eh kebablasan tidur ampe jam 5. Lisa juga katanya baru baca jam 4 pagi, tapi kalo Mas Yano paling mantep persiapannya, ampe bolos kuliah segala. weww!!

Nah, dengan mempertimbangkan indikator-indikator tersebut, target kami yang angkatan 2006,666 ini adalah cuma buat seneng-seneng doank, numpang eksis, nothing to lose, atau syukur-syukur masuk semifinal (10 besar). Oiya, jumlah pesertanya kalo gak salah 22 atau 25 tim gitu, mayoritas dari Jogja, paling jauh Purwokerto. UGM juga ngirim 2 tim lagi, semuanya 2006. Okeh, begini nih kronolgis lombanya:

Tahap I

Ngerjain 50 soal PG secara individu, waktunya 1 jam. Gua tiba-tiba ngerasa dapet ilham mendadak. Semua soal AP 1 n 2 insyaAllah perfekto. AKM 1 bisa juga, masih ngelotok dah ilmu dari Bu Zuni. Akmen 70%, Akbi pas banget gua lagi bisa tuh soal, tapi 2 soal ngitung high-low method ga dapet, akhirnya ngasal, hahaa. SIM hoki banget gua, kata-kata yang diomongin Pak Haryono kemaren di kelas keluar. Teori Akun ga keluar (horeee). AKL keluar dikit, bismillah gua nembak semua. Perpajakan gua nalar-nalarin dulu, Alhamdulillah punya modal waktu SMA, sisanya bismillah nebak lagi. Tahap I selesai, kalo diitung-itung, 30 soal yakin, hehe.

Tahap II

Ngerjain 100 soal PG berkelompok, waktu 2 jam, bener +3 salah -1. Roman-romannya soal mulai menggila. Semua materi yang gua sebutin di atas tadi keluar. Hasilnya kolaborasi yang yahuud dari kita ber-3 cuma bisa ngejawab sekitar 70 soal, itu juga udah banyak yang sok tau. Kita rapat mendadak. 30 soal-an lainnya mau nembak apa gak. Akhirnya kita memilih untuk konservatif dengan mengosongkan soal-soal itu. Pasrah. Tahap II speechless kita ber-3.

Pengumuman 10 besar

Nilai tahap I n II bakal diakumulasiin semua. Yang ngumumin mbak2 yang dari pagi ngeliatin gua terus (huekkkz ga penting). Woooowww!! Surprising bgt hasilnya!!! Tim gua peringkat 4 sodara-sodara. Kita ber-3 ketawa-ketawa doank, masih belom sadar. Alhamdulillah ya Allah. UGM semua masuk 10 besar.

Semifinal

sebelom semifinal

Dikasih 6 soal hitungan semua, waktu 1 jam. Gua ngerjain soal AKM tentang skema penerimaan kas penjualan kredit dengan lancar. Lisa ngerjain soal obligasi. Mas Yano gak tau ngerjain soal apaan, belom pernah ngeliat gua sebelumnya. Ada soal perhitungan pajak bumi dan bangunan, Mas Yano nyerah, lupa kata dia. Akhirnya gua n Lisa berkolaborasi, mencoba sok tau dengan nginget-nginget lagi apa yang udah dipelajarin di SMA tentang pajak. Sampe perhitungan NJOP lancar, tarif gua inget 20%. Tapi ada 1 lagi yang gua ma Lisa lupa, dikaliin 0,5. Hhhh,,75% dapet lah soal PPB. Semifinal selesai.

Pengumuman 4 besar n Final

Kita ber-3 lemes. Suppeeeeer sekali hasilnya!! Tim gua peringkat 3. Masuk final, tim UGM yang lain ga masuk. Waduuuh, gimana ini? Masih belom sadar bener, tiba-tiba langsung diungsikan oleh panitia ke suatu ruangan untuk ngerjain soal final. Shoooock banget gua, soal final lebih dari 10 halaman. Studi kasus tentang akuisisi Alfa oleh Carefour. Kita dikasih financial statement Alfa lengkap banget, dan suruh membuktikan secara analisis keuangan apakah Alfa diakuisisi denga nilai 678M itu tepat? Gila deh, rush banget kemaren. Kita ber-3 bingung dasyat. Dan kami hampir pingsan ketika panitia ngasih tau bahwa waktu ngerjain soal plus nyiapin presentasi adalah cuma 15 MENIT. What a damn!!

Mencoba tenang, dan numpahin apa aja yang kita tau tentang analisis laporan keuangan. Tiba-tiba kami hampir pingsan untuk yang kedua kali. Kata panitia, KITA PRESENTASI PERTAMA.*gleek*. Waktu habis, kita blom selesai melakukan perhitungan dan nyiapin presentasi. Akhirnya, jalan terakhir adalah show-up semua teori yang ada di kepala di depan audience n dewan juri. Kita bener-bener total. Hasilnya, bisa dibilang sangat baik untuk ukuran mahasiswa tingkat 2006,666. Fffuuhh, presentasi selesai. Udah gak bisa mikir, pasrah aja deh masalah hasilnya.

The Result

pengumuman

Alhamdulillah tim gua juara 3. Sujud syukur deh gua. that’s fair enough buat tim gua, bahkan udah jauh di atas ekspektasi banget untuk anak-anak muda kaya kita. Lomba selesai. Gua, Mas Yano, sama Lisa masih ga nyangka banget bisa sampe sejauh ini. Hhhh,, hari yang melelahkan, tapi sangat indah. Pokok’e mantebs, lah. Hhhmm, tapi yang lebih penting lagi hadiahnya itu lho, cukuplah untuk nutupin defisit beberapa bulan ke depan, hahahaaa. :p

Buat Mas Yano n Lisa, I just want to say million thanks 4 the great team work..

Makasih juga buat semua yang dah dukung n doain..

27 komentar:

Unknown mengatakan...

waw.. selamat ya bro.. salut dah gw, apalagi kalo waktu liat lo yang cum ada waktu 15menit buat soal final!!hahahaha

hmm, kalo lo masih mencoba show up dengan segala macam teori akuntansi.. kalo gw akan show up dengan efek2 microsoft powerpoint yang gw buat ramai.. dan juga disemarakan dengan tarian dan nyanyian..hahaha

Ary Sandhiko mengatakan...

sama2, ka..
gua masih kagak nyadar neh ampe sekarang,, hahaha

gila tuh panitia,, soal final segaban-gaban, waktu 15 menit,, parah

akhirnya, presentasinya gua keren2nin ngomongnya,, mas yano agak2 gugup.. kalo gua ngembang2in teori aneh,, hehe
tapi nice lah..
oiya, presentasi pake whiteboard doank,boy!!

Journal Kinchan mengatakan...

waow. keren banget mas ari. selamat ya..
semoga menginspirasi saya bisa suka sama akuntansi.

kesan pertama tidak begitu menggoda karna sang dosen adalah pak S******** yang membuat saya makin *duang-dueng* saja dengan akuntansi..hehehe

W. Darma mengatakan...

coba kalo kita jadi setim ma iqbal..jura satu bukan impioan lagi tu..hahhahaha.. :))

sayang hw ma iqbal lagi makrab di jakal atas...dan ktmu..hhahaa

Ary Sandhiko mengatakan...

@ kinkin
sama2,,
aku doain besok2 ketemu dosen yang bisa bikin kamu sayang ma akuntansi, kesian lo akuntansi!! kau duakan dengan fotografi ^,^

@ wanna hutan
udah pasti bgt bos,, kalo kita satu tim itu adalah the dream team ever,, tapi sayang takdir masih blom mempertemukan the dream team bersatu.
btw makrab apa lo tan?

Fu! mengatakan...

woooow arysan! pintar sekaliii..

hehe
selamat yaaaa
kapan2 aku diajarin dong pelajaran kuliah, huhu

Fajrie mengatakan...

slamet ye, nyonk...

meskipun gak bantu do'a, (yaiyalah wong gw gatau kalo lo ikut lomba), yang penting kan udah menang, hehehe

dari semua materi lo, gw baru tau AP1 n 2, bahkan PBB gw belon belajar, paling inget2 waktu SMA aja, skali lagi slamet ye....

M. Rizal mengatakan...

hey...
tim 2006,6666667...

hahahha... gak kepikiran aku buat bikin rata2 begitu..
wkwkwk

keren ah..
manteb2..!!!

congratz ya...!!!!!!!

hebat hebat...

ngerjain finalnya akhirnya gimana y?
kalo cuma 15 menit..
berarti..
hmm...

aku bakal gini...

liat aja nilai aset nya..
buat pijakan pertama...
sisanya..

berngemeng2 ria..
hehehehe

Ary Sandhiko mengatakan...

@ fufu
waaaaah,, kalo pelajaran yg lain aku mah banyak yg duduL, fu!!
ya sama2,, maturnuwuun yo..

@ fajri
yuks mari ah jri,,
giling,, tiba2 gua dapet ilham bisa inget tiba2 ttg perhitungan PBB, haha

@ mas rizal
mas,, sebenernya kita tuh angkatan 2007,333, soal'e mas yano maunya ngaku angkatan 2008 kalo ditanya orang,, hahahaa
waaahh,, emang dah tuh mas, terlalu sadis caranya,, masa cuma 15 menit.. tapi faktanya kita paling cuma 10 menit, soalnya masuk ruangan udah telat, trus sempet debat2 n ngeyel ma panitia,, hiks

W. Darma mengatakan...

gw makrab SMA.. si iqbal kbumen..
pas gw outbound, ktemu gtu..hahhaha
pas pulang gw keujanan, mreka cuma liatin doank smbil makan"..sialan..cih

Anonim mengatakan...

mantep banget anak ini
cerdas........

Ary Sandhiko mengatakan...

@ wanwn
yaelah si iqbal..
kocak bener si dia,,
ckakakakk,,
bocah2 madiun ada makrab segala,, haha

@ kris
maap2,, ini mas kris sapa ya?? haduuhh..
wah, mas jadi enak saya,, hehe

Anonim mengatakan...

slamat nyong! yeah yeah..ga sia2 kan gw ajarin semaleman. wkwkwkwkkkwkk

Ary Sandhiko mengatakan...

@ dhay
yayaa,, tapi yg lo ajarin ternyata gada yg kluar dhay,, lo kan ngajarin gua gaya senam jaman romawi,, hwwwee,,

Ecky A. mengatakan...

selamet boz..

Anonim mengatakan...

huwaaa...!!!!
two thumbs up!!

omedetto ka'ary..!!

fuuhhh....
mau nangis baca posting muh.....
haaaaa........

Ary Sandhiko mengatakan...

@ ecky
maturnuwuunn ecki!!

@ Nisha
nis,, kok kamu aku hubungin gak bisa2 sih ke HP?? kalo mau kontak ke nmr yg mana?? masih yg kmrn??


iya2,, ga usah ditahan-tahan gitu dunkk nangis-nya,, hehe
hahaha,, aku emang sering hoki kayanya,, hihi..

.: Kartika :. mengatakan...

selamat ya kak! :)

.: Kartika :. mengatakan...

selamat ya kak! :)

Anonim mengatakan...

wow, selamat ya kak :D
btw dapet award tuh, cek blog ku ya ;)
http://thelionoftruth.wordpress.com

laras dini mengatakan...

kyaa... ary!!
hoho... selamat ya nak, teruskan dan tingkatkan prestasimu...


HAHAHAHA

Anonim mengatakan...

congrats, dik!
masih di depok ga sih?
kok kita depan2an rumah ga pernah kelihatan?!

Anonim mengatakan...

yoi tngkyuu kar,, itu udah agak lama kali hehe

gua masih di bandung neh kar ma temen2 SMA... males juga di depok ga ada apa2,,, hehehe

meauwlycious mengatakan...

selamat mas..
sangat hebat..
doakan saya menyusul
hehhehehhe

anatasya mengatakan...

eh ry,,,aq mundur karena ikutan acaranya accenture yaaa...
hoho

Anonim mengatakan...

@ mia,,
yo makasi mi,,
iya mi cepet nyusull,, ^^

@ mbak nanas
iya mbak'e okey doakan kami

mia mengatakan...

slamet boss..
ikut degdegan gw bacanya nyong.
hahahhaa