Jumat, 07 November 2008

UGM Berduka

بسم الله الرحمن الرحيم

“Angin kencang hanya sekitar 5 menit menyapu kawasan kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Namun kekuatan angin telah memporak-porandakan kampus biru itu. UGM pun hampir tak berbentuk.”

Begitulah kata-kata yang gua kutip dari situs berita yang menurut gua paling up-to-date di negeri ini: detik.com. Sedikit, atau bahkan kelewat berlebihan emang. Tapi sungguh, cukup mengerikan. Suasana cukup mencekam. Kampus Biru berduka!! Hiks..T..T

Hari ini kampus gua, UGM, menjadi korban ganasnya angin puting beliung. Sekitar jam tiga sore tadi, hanya sekitar 5-10 menit angin itu bisa meluluh lantahkan beberapa bagian dari universitas tertua di negeri ini (Hmm,, mungkin gara-gara UGM itu kampus tertua kali ya, jadinya gampang lumpuh kena angin (??)) . Puluhan pohon besar tumbang sampe ke akar-akarnya dan meniban banyak mobil dan motor, genteng-genteng, baliho, reklame, dan atap ambruk beterbangan, jaringan listrik dan internet putus, beberapa bangunan ambruk, dan tidak lupa menelan korban jiwa maupun benda.

Sulit dijelaskan dengan kata-kata, maka biarkan gambar yang berbicara:


Gedung Graha Sbha Pramana yg merupakan simbol kebesaran UGM dan rancangan Soekarno ini rusak cukup parah di bagian genteng

Ruang kelas di Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang ambruk atapnya (hiks,, kelas gua yg sungguh kokoh n hi-tech ini aja bisa ancur)

Kalo gak salah di jalan sekitar fakultas teknik

Koperasi Mahasiswa UGM

Komplek Dosen UGM

Parkir mobil FEB (beberapa dosen gua mobilnya ketiban pohon)

deket gelanggang

pohon gede deket GSP tumbang

Lampu di depan FIB ambruk

Mohon doanya ya!!! Semoga ga banyak menghambat aktivias di UGM..

Hmm,, begitu lemahnya manusia, ya gak kawan-kawan? Semoga bisa menjadi peringatan buat UGM dan kita semua..

Sekali lagi,, condolences to the blue campus!!

24 komentar:

aisha_putri mengatakan...

Amin kak,,,amin,,,
semoga cepet sembuh ugmnya,,
biar ga belajar di luar
*masih terinspirasi ama imajinasi semalem,,pada kuliah di tempat terbuka,,n k ary terkena reruntuhan,,tapi alhamdulillah cuma imajinasi*

Journal Kinchan mengatakan...

humm..iya aku kaget banget
waktu itu aku pergi semobil sama temenku. pas balik ke parkiran, tempat tadinya mobil temenku parkir udah ketiban pohon.
mungkin ini peringatan,
wallahu alam

Ary Sandhiko mengatakan...

@ Acan
iya semoga cepet sembuh,, tadi malem UGM udah dibawa ke rumah sakit,, kayanya perlu diopname 1 minggu.. tapi ga sampe masuk UGD.. ;P

haha,, ga sampe blajar di luar donk,, aku juga ga bakal ketiban.. secara aku kan anak yg rakin belajar...(??)

@ kinkin
waaahh.. untung kamu ga jadi ketiban tuh pohon ya.. hhmm,, tapi biasanya yg diuji itu tuh orang yg beriman kin,, yg banyak amalnya.. :p
aneh ya kin,, FEB yg kokoh gitu malah bisa jadi salah satu yg parah,, is it a sign?? hmm,,

Ferzya Farhan mengatakan...

mmhh...ya, klo katanya yg diuji itu orang beriman, asumsinya di FEB banyak org2 beriman dong?
hehehe...

ya, smoga ada yang terhenyak

Ary Sandhiko mengatakan...

@ ferzya
lam kenal..
yg berimanan2 itu just for joke kok,, hehe..

iya ini peringatan sih menurutku,, agak aneh, masa cuma daerah ugm doank,,

tadi pa'ainun ngasih keterangan ke detik.com,, katanya kerugian UGM sampe 12M

W. Darma mengatakan...

12m, gde bgd ya...
ri, maso hasil hunting poto lo sgt dwnk?
kluarin smw dnk..

Anonim mengatakan...

Ari,,kamu sempet foto2 to?? hooo,,

Ary Sandhiko mengatakan...

@wana hutan
poto di hp gua dikit,, itu juga hasilnya ga bagus,, jadi gua masukin poto2 yg dari detik n clara
iya jon,, 12 M.. duit dari pemerintah kayanya ganti ruginya,, lagian akhir taun gini mana ada budget bwt puting beliung

@anday
iya anday,, tapi itu bukan dari hp aku,, dari HP aku kurang bagus hasilnya...


untuk gambar yg lebih serem,, coba cek ke blog si sony
http://penxpower.wordpress.com/

W. Darma mengatakan...

di sonny jelek tw gambarnya..hhehehe
sorry so..

Anonim mengatakan...

wah sampe segitunya ya nyong. serem juga ya. itu pohon sampe kecabut gitu ya akarnya. ckckck

kerusakannya merata nyong di setiap sudut ugm?

Ary Sandhiko mengatakan...

@ wana hutan
iya tapi sony itu live gambarnya,, kalo gua ada yg ambil dari detik..

@dhay
iya itu pohon kaya ketarik monster..
anehnya dhay,, yg kena itu bnr2 wilayah UGM aja (ada tanda apakah?)
trus yg paling parah di sekitar GSP, gedung pusat, dan fakultas gua.
waahh,, padahal cuma 5 menit, tapi gemuruhnya serem bgt asli,, kaya ada helikopter tiba2 pengen mendarat mendadak,

Unknown mengatakan...

wah,lo bisa sempet ngefoto semua ri? amiin2.. dan kita berdoa supaya nga kejadian lagi ya yang kayak gini di ugm..

Ary Sandhiko mengatakan...

@azka
banyak yg ngambil dari detik juga,ka.
ya amiinn semoga ga terulang lagi,
tapi kita masih kudu waspada coz kata ramalan puting beliung itu masih terus mengancam

Fajrie mengatakan...

ckckckck ternyata parah ya, gw pikir biasa ajah, pas liat potonya baru percaya gw...

pertanda apa emang?
yaudah makanya nyonk buru2 kurusin badan, eh, buru2 tobat lo...

Ecky A. mengatakan...

mungkin daerah UGM memiliki faktor2 teknis yang memungkinkan angin puting bliung cepat beraksi, atau emang kebetulan lewat tepat di UGM..hhehe, tanya ahlinya aja gih nyonk..


turut berduka cita ry..semoga UGM cepat pulih kembali..aamiin


titip anak2 smansa ye, badan lo kan gede..hehehe..peace ahh..:P

Ary Sandhiko mengatakan...

@ fajar
mungkin ini peringatan bagi gua utk segera kurus :p

@ agasi
iya bos,, katanya sih perbedaan suhu dan tekatan antara UGM dan pusat kota jogja gitu deh sehingga angin mendarat di UGM,, taudah tuh kata ahli geografi.

iya siap gua jagain bocah2,, ckckckc

Fajrie mengatakan...

nyonk, gimana c!

yang ngasih komen(g) kan gw, fajrie nuary yang ganteng sekali, bukan fajar tau...

Anonim mengatakan...

@fajrie nuary yang ganteng sekali
hahahaa,, maap2,, soalnya tulisannya fajri ajah,, gua kira fajar,, yah,, ma'lum udah tua sayah,,

Anonim mengatakan...

wew..

baru liat gw fotonya..
ternyata beneran toh..
gw kirain tmen gw bercanda cerita gitu..

ada korban g ry?
anak2 smansa bae2 aja kan disana??

Martha-Happy mengatakan...

wah turut berduka cita ya Ry, semoga cepet bener deh UGM nya, soalnya bylan desember gw mo studi banding ke IE YGm ntar gak bisa jalan2 di UGM dong kalo rusak, hehehe

Ary Sandhiko mengatakan...

ya ka hepi,, ini juga lagi banyak recovery,, doain biar cepet selesai yah!!!
waaahh kedatengan tamu jauh nih kita,, hehe,, welcome2.

Ary Sandhiko mengatakan...

@ anslh

korban sih banyak, terutama motor n mobil,,
orang juga ada beberapa,, ada yang sampe patah tulang..

nak2 smansa insyaAllaah bae2 lah,, kan ada gua gitu,,

dea alias dey mengatakan...

huaaa,,,inyooooong,,,UGM-ers tapi baik-baik sajah khaaaaan????



setuju,,setuju,,sama eQ,,,jagain yaa nyoong,,,hihihihiy

Anonim mengatakan...

@dea

iya baek2 semua,, secara ada gua gitu disini,,, hhhmm,,